Mengenal Syauqiy, Penghafal Juz Terbanyak di Rabbani


Syauqiy pada saat lomba Hafiz Kecik RBTV tahun 2015, ia yang pake baju biru Credit by Ibunda Wahyu Jatmiko 

Tak terasa sudah 1 tahun saya mengajar di SDIT Rabbani Bengkulu dan sudah 2 kali saya menyaksikan pelepasan dan haflah wisudawan dan wisudawati tahfidz SDIT Rabbani. Di angkatan ke V ini kita akan mengenal Syauqiy penghafal terbanyak di Haflah ini.

Ia lah Syauqiy Nabih Habibie, putra bungsu dari pasangan bapak Marsudi dan Ibu Wahyu Jatmiko Wati ini adalah penghafal juz terbanyak di SDIT Rabbani. Saat ini ia sudah menghafal sebanyak 13 Juz yaitu Juz 1,2,3,4,5,6,7,8,26,27,28,29, dan 30. Ia sekarang duduk di kelas V Yaman di SDIT Rabbani Bengkulu. Abi, nama panggilan yang biasa dipanggil oleh teman-temannya adalah anak yang supel. Walaupun dia sudah banyak memperoleh prestasi ia tidak sombong. Dia sama seperti anak-anak lainnya, bermain dan belajar.

Usaha tak menyalahkan hasil, itulah yang dirasakan oleh Abi. Berkat bimbingan dari orang tua, terutama ibu. Ia bisa menghafal 13 Juz lebih dari umurnya saat ini. Selain itu juga bimbingan dari para ustad dan ustadzah di sekolah. Abi yang pernah menjadi juara I dalam acara hafidz kecik RBTV season satu pada tahun 2015 ini mempunyai cita-cita yang sangat mulia yaitu menjadi seorang Syaikh. Ia sangat mengagumi Syaikh Mishari Rasyid dan Saad Al Ghomidi. 

Pada saat di wawancara, bagaimana cara Abi menghafal kenapa bisa lebih dari teman-teman yang lain? Ia menjawab bahwa dalam menghafal kita harus konsisten dan sabar tadz. Ia menghafal setelah sholat subuh dan maghrib ia memurajaah hasil hafalan yang telah didapat. Setiap subuh dan maghrib siapa yang mendampingi Abi? Ia menjawab bahwa Ibu lah yang sering mendampingi. Ia sangat termotivasi dengan hadist yang berbunyi 
Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim 1/756 dan dihasankan al-Abani).
Ia mengatakan bahwa nanti aku ingin memberikan pakaian dan mahkota kepada kedua orang tua saya, dan itulah bakti saya kepada mereka.
Abi, selain pernah menjuarai hafidz kecik RBTV. Ia juga pernah mengikuti lomba Dai, lomba Cerdas Cermat, lomba Azan dan mengikuti seleksi OSN.

Itulah profil singkat dari Syauqiy Nabih Habibie, penghafal Alquran terbanyak di SDIT Rabbani. Anakku tetap jaga Alquran yang telah dimasukkan oleh Allah kedalam Qalbu mu. Semoga sukses kedepan nya. Masih tersisa 1 tahun lagi dirimu di SDIT Rabbani ini.


3 komentar:

  1. anak yang keren, semoga semakin banyak anak-anaksejenis ini di Bengkulu, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak, semoga kita juga mendapat kan anak2 yang Sholeh dan Sholehah kedepannya.

      Hapus
  2. Hafidz qur'an memang harus di apresiasi, salut deh buat Syauqih

    BalasHapus