Fikes Dehasen, Salah Satu Fakultas Kesehatan Favorit di Bengkulu

Foto Para Staf Dosen dan Karyawan Fikes Dehasen 

Hai sahabat, sudah lama sekali saya tidak posting di blog ini. Kali ini kita akan berbicara tentang Fikes Dehasen Bengkulu. Jujur, waktu semasa kuliah saya pernah beberapa kali ke Fikes Dehasen. Saya kesana dalam rangka ikut kegiatan organisai kesehatan, namanya PAMI (Pergerakan Anggota Muda IAKMI) ini organisasi anak Kesmas (Kesehatan Masyarakat) dan Fikes Dehasen ini termasuk salah satu kampus yang menjadi team presidium nya untuk membuat oragnisasi itu di bengkulu. Oya, dahulu pada tahun 2012 Fikes Dehasen belum menjadi Fakultas masih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Dehasen. Fikes Dehasen ini dimerger pada tahun 2017. Saya pernah terucap ke teman-teman Dehasen, Kok Stikes Dehasen ini tidak masuk ke Universitas Dehasen saja. Secara, Universitas Dehasen kan sudah besar. Akhirnya rasa penasaran saya terjawab pada tahun 2017 dengan keluarnya Surat Keputusan Merger Universitas Dehasen Bengkulu dari Kementrian Ristek Dikti. Nah waktu itu pernah kepikiran, enak sekali ya teman-teman yang kuliah disini karena fasilitas sarana dan prasarana nya lengkap. Apa saja sarana dan prasarana dan yang lainnya itu sehingga saya bisa menuliskan judul "Fikes Dehasen, Salah Satu Fakultas Favorit di Bengkulu"

Pertama
Lokasi Tata Letak Fikes Unived Bengkulu itu Strategis

Mengapa saya bilang seperti itu, karena Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu berlokasi di Jalan Merapi Raya No. 43 Kelurahan Kebun Tebeng. Jadi dari pinggir jalan itu kita sudah bisa melihat gedung megah kampus. Akses jalan mudah, gak perlu melewati gang-gang sempit. hehehe.
Foto Fikes Dehasen tampak dari jalan Raya


Kedua 
Memiliki Jaminan Mutu Pada Bidang Sarana Dan Prasarana
Dahulu waktu tahun 2012, Sarana dan Prasarana ini masih dalam pembuatan, dan Alhamdulilah dalam 7 tahun Pihak Universitas Dehasen (Unived) benar-benar memberikan sarana dan prasarana terbaik bagi para mahasiswa maupun akademisi di Fikes ini. Apa saja sarana dan prasarananya itu?Gedung belajar lantai 6 dengan ruang perkuliahan ber-AC,  Laboratorium (Bahasa, Komputer dan Kesehatan) Nah untuk Laboratorium Kesehatannya, terdiri atas Laboratorium Anak,Laboratorium Maternitas, Laboratorium gawat darurat,Laboratorium medikal bedah,Laboratorium kebutuhan dasar manusia, Klinik umum (pernah berobat disini dan melayani BPJS), Sarana olahraga, Aula, Hotspot  gratis di setiap ruangan, Perpustakaan, Kantin,Mushola,Tempat penitipan anak,Mini Market. Satu lagi Kamar Mandinya selalu bersih. Hehehe.




Ketiga 
Gemilangnya Prestasi Para Dosen Serta Mahasiswanya
Ada beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Dosen Fikes Dehasen:   Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2017 yang didapatkan oleh Ns. Desmetasari, S.Kep, M.Kes dan Fiya Diniarti, SKM, M.Kes. Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2018 yang diperoleh Ns. Tita Septi Handayani, S.Kep, MNS dan Darmawansyah, SKM, M.Kes. Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2019 yang diraih oleh sembilan dosen Fikes Dehasen berprestasi. Bukan hanya Dosennya tapi juga Mahasiswanya berprestasi. Diantarnya  Pemenang Hibah PKM-M (Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat) dari Kemenristek Dikti Tahun 2017 sebesar Rp. 8.000.0000. Pemenang Program Hibah Bina Desa (PHBD) dari kemenristek Dikti Tahun 2017 sebesar Rp. 35.000.000.  Student Exchange di University Malaysia Serawak tahun 2019. Juara favorit Duta HIV AIDS. Perningkat IV Peserta Pemilihan Putri Pariwisata Bengkulu Tengah Tahun 2019 Serta masih banyak prestasi lainnya yang pernah diraih oleh mahasiswa Fikes Dehasen baik dalam bidang pendidikan, olahraga, maupun kesenian.

Saat Lomba Siapa Juara


Keempat
Alumni Tenaga Kesehatan Unggulan
Berdasarkan Data Alumni tahun 2013 banyak Alumni Fikes Dehasen yang mampu bersaing di dunia kerja. Antara lain Instansi Pemerintahan sejumlah 30 orang, Rumah sakit swasta sejumlah 18 orang, Perusahaan BUMN/BUMD sejumlah 125 orang, Perusahaan Swasta sejumlah 10 orang, Pusat Kesehatan Masyarakat sejumlah 31 orang, Klinik sejumlah 115 orang. 


Kelima 
Mempunyai Program Studi Pilihan
Ternyata di Fikes Dehasen itu bukan hanya Prodi Kesehatan Masyarkat dan Prodi Keperawatan. Tapi juga ada Sarjana kebidanan dan profesi (S1). Profesi ners dan Kebidanan (D3).
Flayer Pendafaran Mahasiswa Baru

Nah itulah  alasan kenapa saya bilang Fikes Dehasen adalah Fakultas Kesehatan Favorit di Bengkulu. Selain itu untuk mendaftar di Fikes Dehasen tidak dipungut biaya alias gratis.
"Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition bersama Blogger Bengkulu dan Fikes Dehasen"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar